Friday 27 October 2017

TEKNOLOGI CANGGIH KIPAS ANGIN DYSON COOL

Kipas Angin Dyson Cool

Teknologi di era modern berkembang dengan sangat pesat bahkan diluar batas kemampuan manusia.  Inovasi dan kreasi ilmuwan menciptakan suatu alat sudah menjadi hal yang lumrah pada saat ini,  salah satunya perusahaan asal Inggris Home Technology.

Inovasi yang dihasilkan dari perusahaan ini adalah memecahkan permasalahan pada kipas angin.  kipas angin yang berputar pelan menghasilkan hembusan angin yang tidak kuat.  namun sebaliknya, jika kipas angin berputar dengan kencang akan menimbulkan suara yang bising.  Oleh karena itu perusahaan ini menciptakan kipas angin yang bernama Dyson Cool.
Dyson Cool  ada kipas angin yang tidak mempunyai bilah kipas atau sering disebut dengan baling-baling.  kipas berteknologi ini hanya berbentuk lingkaran dan desain aliran udara Dirancang dengan teknologi air multiplier.

Rahasianya ada di kaki kipas angin, pada kakinya terdapat rongga yang ada di dalamnya mesin penghisap senyap,  udara yang dihisap kemudian didistribusikan ke saluran melingkar di atasnya. Lingkaran tersebut memiliki sedikit celah tempat udara bertekanan,  prinsipnya mengikuti hukum fisika Bernoulli karena tekanan udara yang dihasilkan di sekeliling lingkaran lebih tinggi dibanding udara yang bergerak mata udara bertekanan rendah di belakang kipas akan tersedot ke dalam lingkaran dan didorong ke depan dengan demikian udara yang dihembuskan lebih kuat.

Alat lain yang berperan penting terhadap kipas  ini adalah motor penghisap udara yang ukurannya kecil,  namun bisa menghisap udara dengan kuat.  rotasi kipasnya mencapai 110000 rotasi per menit ( RPM ),  lebih kencang dari putaran mesin  balap F1 ( 15000rpm). Untuk meredam suara dari kipas angin tersebut,  Dyson berkolaborasi dengan seorang insinyur bernama J.B. Blanc.  dengan mengadopsi teknologi rongga helmholtz (Helholdz Cavity),  aliran udara yang dihasilkan oleh kipas akan di perangkap di suatu rongga terlebih dahulu untuk mengubah amplitudo,  sehingga gelombang suara yang dihasilkan lebih selaras tanpa turbulensi.


Di Indonesia sendiri kipas angin berteknologi canggih ini akan mulai dipasarkan pada awal tahun mendatang yaitu tahun 2018,  tapi bila ada yang tidak sabar menunggu kipas angin ini bisa dijumpai di toko-toko elektronik modern.

Daftar Harga Kipas Dyson:

Sumber harga : id.priceprice.com

TEKNOLOGI CANGGIH KIPAS ANGIN DYSON COOL
TEKNOLOGI CANGGIH KIPAS ANGIN DYSON COOL
Ditulis Oleh : Iron_man
Published :
Rating : 4.9

0 comments:

Post a Comment