Monday 28 November 2016

Cara Alami Mengatasi Bau Tak Sedap (Busuk) pada Kulkuas/Freezer/Refrigrator


Hai Sahabat-sahabatku dimana pun kalian berada, semoga kalian senantiasa diberi kesehatan dan umur panjang. Amin.
Oke, langsung saja pada masalah yang sering dihadapi oleh kita yang mempunyai Kulkas/Pendingin/Refrigrator. Yaitu masalah BAU. Setiap orang yang punya kulkas biasanya bermasalah pada bau tidak sedap ketika membuka kulkas. Ini membuat tidak nyaman dan kita jadi enggan menyimpan makanan dalam lemari es / kulkas lantaran takut baunya tercampur menjadi tidak sedap. Baiklah, postingan kali ini Saya akan menjelaskan tentang tips atau trik tentang membersihkan Kulkas. 

Cara Membersihkan Kulkas

Matikan kulkas dan cabut kabelnya.

Keluarkan semua barang yang tersimpan dalam kulkas. Buang makanan yang sudah basi atau sudah tidak layak untuk disimpan.

Masukkan makanan yang mudah lembek atau rusak ke dalam freezer.

Buat campuran soda kue dan air hangat. Larutkan 1/2 cangkir soda kue ke dalam air hangat yang telah dituangkan di wastafel.

Keluarkan semua rak-rak kulkas dan bagian lainnya yang dapat dilepas. Cuci dan bilas semua lalu keringkan. Jangan lupa untuk melap dengan kanebo bagian dinding dan dasar kulkas, juga pada bagian dalam laci kulkas.

Bersihkan penampung air kulkas. Penampung air ini terletak di bawah kulkas. Berhati-hatilah karena penampung akan mengandung air kotor. Keluarkan penampung ini dari bawah pintu kulkas, buang isinya dengan tetap berhati-hati.

Kembalikan dan tata ulang kulkas dengan isi yang telah dikeluarkan tadi.


Jika cara sederhana di atas masih kurang mampu mengatasi masalah bau pada kulkas kalian, bisa digunakan alternatif menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini.

Cara mengatasi bau tak sedap pada kulkas dengan bahan alami.

  • Vanili


Sediakan kapas kemudian basahi kapas dengan cairan vanili. Selanjutnya taruh kapas tersebut didalam kulkas, maka selama sehari bau kulkas akan kembali segar lagi
  • Lemon


Cara menghilangkan bau kulkas menggunakan cairan lemon, yaitu dengan memasukkan air perasan lemon yang sudah ditaruh di wadah baskom atau mangkok, setelah itu taruh di freezer. Tutup pintu kulkas, diamkan selama 30-45 menit. Aroma segar dari lemon akan menyebar ke seluruh bagian kulkas.
  • Bubuk kopi


letakkanlah bubuk kopi pada sebuah piring. Setelah itu masukkan piring yang berisi bubuk kopi tersebut, kedalam kulkas.
  • Cuka


Cuka adalah cairan yang biasanya ditambahkan ke acar, untuk memberikan rasa asam. Tetapi anda harus tahu, bahwa cuka juga bisa digunakan sebagai cairan penghilang bau kulkas yang tidak sedap. Campurkan cuka dengan air hangat kedalam baskom. Mangkok plastik. Seteah itu gosok dinding luar kulkas dan dinding dalam kulkas, menggunakan kainlap yang sudah dibasahi dengan campuran air hangat dan cuka.
  •  Garam


Selain cuka, penyedap rasa lain yang bisa mengatasi masalah ini adalah garam. Caranya sangat mudah, campurkan segenggam garam dengan 1 galon (3,7 liter) air hangat. Bersihkan bagian dalam kulkas menggunakan spon. Sebaiknya campuran tadi tidak kasar, agar permukaan kulkas tidak mengalami goresan. 
  •  Jeruk


potong beberap iris jeruk (biarkan kulitnya) dan kemudian letakkan beberapa potongan jeruk tersebut dalam lemari es, biarkan selama semalaman.
  • Arang


Tempatkan beberapa arang dalam mangkuk, lalu tempatkan arang tersebut di dalam lemari es. Lalu setting suhu lemari es ke arah minimum dan tutup pintu kulkas selama tiga hari.

Sebelum semuanya terjadi ada hal penting yang harus diperhatikan, yaitu pencegan. Pencegahan lebih baik daripada penanggulangan. Ya, beberapa trik mencegah timbulnya bau tidak sedap pada kulkas atau pendigin lainnya saya jabarkan sebagai berikut.
  • Letakkan makanan pada wadah/toples yang kedap udara sebelum menyimpannya di kulkas. Selain itu cara ini menjaga makanan tetap segar dalam waktu yang lebih lama.
  • Untuk mencegah bau, periksa dan bersihkan kulkas sekali dalam seminggu dan pindahkan makanan yang kadaluwarsa. Cocokkan jadwalnya dengan jadwal Anda mengeluarkan sampah rumah tangga, sebagai pengingat yang baik dan agar makanan tidak dibiarkan berada di dalam tempat sampah di dapur Anda serta berbau busuk.
  • Jika anda keluar rumah dalam waktu yang lama, maka matikan kulkas anda, dan biarkan pintunya sedikit terbuka. Ketika digunakan kembali, jangan lupa dibersihkan terlebih dahulu. Pintu yang tertutup akan menyebabkan kulkas berbau bahkan setelah dibersihkan.
  • Membersihkan kulkas dengan ekstrak vanili juga akan menghilangkan bau. Untuk membuat kulkas Anda berbau segar dan bersih, Anda dapat menggunakan sebuah bola kapas untuk menyerap ekstrak vanili dan meletakkannya di dalam kulkas.
  • Cara apapun yang Anda pilih, jangan letakkan makanan kembali ke dalam kulkas sebelum baunya hilang.

 Penting untuk diperhatikan:

  • Jangan pernah membersihkan rak kaca kulkas yang dingin dengan air panas. Biarkan rak menyesuaikan keadaannya dengan suhu ruangan atau gunakanlah air hangat. Perubahan temperatur secara mendadak dapat memecahkan kaca.
  • Hindari penggunaan bahan-bahan pembersih yang bersifat mengikis––bahan-bahan ini dapat menggores permukaan kulkas. 
Demikianlah, Tips dan trik mengatasu bau tak sedap pada kulkas Anda. Semoga bermanfaat. Salam full-elektronik.

sumber: wikihow dan sehatmerah
Cara Alami Mengatasi Bau Tak Sedap (Busuk) pada Kulkuas/Freezer/Refrigrator
Cara Alami Mengatasi Bau Tak Sedap (Busuk) pada Kulkuas/Freezer/Refrigrator
Ditulis Oleh : Iron_man
Published :
Rating : 4.9

0 comments:

Post a Comment